Logo Bloomberg Technoz

Qatar Sebut Jeda Perang Israel-Hamas akan Dilakukan Jumat Pagi

News
24 November 2023 07:40

Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)
Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)

Paul Wallace dan Gwen Ackerman - Bloomberg News

Bloomberg, Qatar mengatakan gencatan senjata singkat dalam perang antara Israel dan Hamas akan dimulai pada Jumat pagi. Satu hari lebih lambat dari perkiraan semula karena negosiasi antara kedua pihak mengenai sandera dan tahanan masih berlangsung.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar Majed Al-Ansari, jeda empat hari dalam pertempuran di Gaza akan dimulai pukul 7 pagi waktu setempat. Sementara kelompok pertama sandera perempuan dan anak-anak akan dilepaskan oleh Hamas sekitar pukul 4 sore. 

Israel dan Hamas, kelompok militan yang didukung oleh Iran, mencapai kesepakatan minggu ini. Selain gencatan senjata, Hamas dijadwalkan akan membebaskan 50 tahanan, sementara Israel diharapkan akan melepaskan 150 warga Palestina yang ditahan. Sebanyak 200 tersebut merupakan perempuan dan anak-anak.

Perjanjian yang dimediasi oleh Qatar, juga Mesir dan AS, seharusnya dimulai pada Kamis pagi. Akan tetapi penundaan tersebut menunjukkan kompleksitas dan sulitnya mencapai terobosan antara dua pihak yang sedang berperang.