Logo Bloomberg Technoz

Pemimpin dunia lainnya juga menyambut gencatan senjata Israel-Hamas yang disepakati hari ini. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkritik tindakan Israel, menyebutnya sebagai 'kejahatan perang', dan menyerukan gerakan menuju solusi dua negara.

Presiden China Xi Jinping yang absen dan diwakili oleh PM Li Qiang, telah menyerukan pembebasan semua warga sipil yang ditahan selama perang Israel-Hamas dan gencatan senjata pada KTT BRICS yang diadakan secara virtual pada Selasa.

Pertemuan hari Rabu ini berlangsung saat Modi mengakhiri masa kepresidenannya di G-20. Pemimpin India menggunakan masa jabatan satu tahunnya, yang berakhir bulan ini, untuk menunjukkan pengaruh globalnya yang meningkat jelang pemilu awal tahun depan, di mana dia akan mencari masa jabatan ketiga sebagai perdana menteri.

Brasil akan mengambil alih kursi ketua G-20 pada tahun 2024. Presiden Luiz Inácio Lula da Silva mengatakan fokusnya akan pada "agenda iklim yang ambisius," yang menurutnya hanya dapat dicapai dengan "mengatasi utang, akses ke pembiayaan, dan mekanisme pajak progresif dengan serius."

(bbn)

No more pages