Logo Bloomberg Technoz

Kolaborasi TikTok-Tokopedia: Awalnya Lawan, Lalu Berkawan

Redaksi
23 November 2023 17:20

TikTok. (Dok: Bloomberg)
TikTok. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Analis JPMorgan Henry Wibowo menerangkan peluang kemitraan TikTok dengan Tokopedia, lewat rencana investasi pada salah satu unit bisnis milik PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) ini menunjukkan persaingan antar pelaku industri e-commerce bisa berubah wujud menjadi kolaborasi.

“Yang semula bersaing akan bisa menjadi teman saat keduanya memiliki kepentingan yang sama,” tulis Henry dalam catatan, dikutip Kamis (23/11/2023).

“Jika pemberitaan soal pembicaraan [antara TikTok dan GOTO] menghasilkan kesepakatan dan disetujui oleh regulator, hal ini dapat memungkinkan TikTok untuk memenuhi aturan terbaru, dan mulai kembali bisnis e-commerce-nya di Indonesia, yang berpotensi mengubah landscape industri belanjang online.”

Atas kabar paling progres yang dilaporkan Bloomberg News Rabu malam ini, saham GOTO sejak Kamis pagi mencatat kenaikan drastis. Sempat melonjak 7%. Hingga pukul 14:50 perdagangan di pasar saham, GOTO bertengger di posisi Rp89, atau masih mencatatkan kenaikan 5,95%.

Kabar pembicaraan kemitraan TikTok bersama unit bisnis Tokopedia, unit usaha milik grup GOTO, diutarakan sumber-sumber yang dekat dengan masalah ini, dilaporkan Bloomberg News. Targetnya keputusan sepakat atau tidaknya kolaborasi ini selesai beberapa minggu mendatang.