Logo Bloomberg Technoz

Saham GOTO pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia, Kamis (23/11/2023) melonjak 7,1% dan bertahan pada level Rp90. GOTO sempat berada di posisi tertinggi harian Rp91, dan dibuka pada level Rp89. Pada akhir sesi II perdagangan, Rabu, GOTO tutup pada posisi Rp84.

Peluang kemitraan muncul saat TikTok melihat Indonesia merupakan pasar e-commerce terbesar di kawasan Asia Tenggara. Penyelesaian potensi transaksi ini akan selesai dalam beberapa minggu mendatang, menurut sumber yang mengetahui masalah ini.

TikTok memilih bermitra dengan Tokopedia dengan membentuk anak usaha hasil joint venture. Keduanya akan membangun platform e-commerce baru, jelas orang-orang yang menolak disebutkan namanya.

Langkah TikTok menjadi opsi untuk tetap taat pada Permendag 31 Tahun 2023 yang terhitung efektif berlaku 4 Oktober lalu. Lewat aturan ini, TikTok secara langsung melanggar ketentuan baru dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Namun medsos TikTok tetap diizinkan sebagai media promosi.

Potensi kemitraan ini masih berlangsung dan terbuka pulang tidak mencapai kata sepakat, kata sumber tersebut. Perwakilan TikTok Indonesia menolak untuk berkomentar, pun demikian dengan pihak Tokopedia saat Bloomberg Technoz berupaya untuk mengonfirmasi.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan dirinya mendapatkan informasi bahwa TikTok sudah berbicara dengan beberapa pemain e-commerce lokal, seperti Blibli, Tokopedia, Bukalapak. Dua pemain e-commerce lain juga belum berbicara banyak terkait peluang kemitraan dengan Tiktok.

Perwakilan  Blibli menyatakan bahwa, “Blibli tidak dapat memberikan komentar terhadap rumor atau issue.” Bukalapak belum memberi respons.

(wep/roy)

No more pages