Logo Bloomberg Technoz

MER-C: Kondisi 3 WNI Relawan RS Indonesia di Jalur Gaza Sehat

Delia Arnindita Larasati
22 November 2023 20:27

RS Indonesia di Jalur Gaza terdampak serangan militer Israel. (Dok Mer-C)
RS Indonesia di Jalur Gaza terdampak serangan militer Israel. (Dok Mer-C)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Dr Sarbini Abdul Murad memastikan tiga relawan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Gaza saat ini dalam keadaan sehat. Sebelumnya, beredar kabar dua dari tiga WNI ditangkap oleh tentara Israel.

"Saya ingin mengklarifikasi sekitar jam 5 lewat 30 menit tadi kami mendapatkan kontak dari sumber kami. Kami juga langsung bisa berkomunikasi dengan salah satu relawan, Reza, dan kami menanyakan informasi mereka dan sempat berbicara dengan mereka," ungkap Sarbini dalam jumpa pers yang digelar secara daring, Rabu (22/11/2023).

"Reza mengatakan mereka bertiga ada di RS Indonesia di Gaza, dalam kondisi sehat, selamat dan sekarang sedang menunggu proses evakuasi ke [Gaza] selatan," lanjutnya.

Ketiga WNI sedang menunggu proses evakuasi bersama dengan 600 warga yang masih berada di RS Indonesia di Gaza. Kabar mengenai kondisi para relawan WNI disampaikan setelah MER-C hilang kontak dengan ketiganya selama 11 hari.

Hal yang sama juga disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Lalu Muhammad Iqbal. Dia membantah kabar yang tersebar mengenai 2 WNI yang ditahan oleh tentara Isarel.