Logo Bloomberg Technoz

Di Balik Tak Acuh Biden Tanggapi Pesan Jokowi soal Palestina

Redaksi
22 November 2023 20:40

Presiden Jokowi berbincang dengan Presiden AS Joe Biden saat pertemuan di Gedung Putih, AS, Senin (13/11/2023). (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi berbincang dengan Presiden AS Joe Biden saat pertemuan di Gedung Putih, AS, Senin (13/11/2023). (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengamat menilai Indonesia tak punya kapasitas mempengaruhi kebijakan negara besar seperti Amerika Serikat (AS). Ini yang membuat pesan OKI, terkait masalah Hamas dan Israel, yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Presiden AS Joe Biden tidak mendapat respons. 

Jokowi sudah menyampaikan bahwa pesan tersebut belum direspons. "Tak menanggapi," kata Jokowi saat ditanya soal respons Biden terkait permintaan gencatan senjata di Gaza.

"Mungkin masih ditampung menjadi pemikiran dari yang kami sampaikan. Saya yakin dicatat, jadi catatan."

Biden juga sama sekali tidak mencantumkan hasil pertemuan dengan Jokowi terkait Gaza dalam rilis Gedung Putih setelah keduanya bertemu. Biden menyoroti lebih pada kerja sama di bidang iklim hingga mineral kritis. 

Guru Besar Magister Hubungan Internasional Universitas Pelita Harapan (UPH) Aleksius Jemadu, mengatakan tidak ditanggapinya Jokowi oleh Biden bukan hal yang mengejutkan. Menurutnya, Indonesia tidak bisa mempengaruhi kebijakan negara besar seperti AS, terlebih jika menyangkut kepentingan strategis negara tersebut.