Logo Bloomberg Technoz

Menlu Retno Sebut Israel Penjajah, Kecam Serangan demi Bela Diri

Delia Arnindita Larasati
22 November 2023 14:20

Menlu Retno L.P Marsudi di ASEAN Foreign Minister's Retreat di Jakarta (DOK Rilis Kemlu)
Menlu Retno L.P Marsudi di ASEAN Foreign Minister's Retreat di Jakarta (DOK Rilis Kemlu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengecam alasan Israel menyerang Jalur Gaza sebagai bentuk pembelaan diri. Hal itu disampaiksan usai Retno bertemu dengan Menlu Rusia di Moskow bersama Menlu Arab Saudi, Yordania, Mesir, dan Palestina.

Dalam pertemuan tersebut, para menlu yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mengutuk apa yang dilakukan Israel di Jalur Gaza. 

"Saya dalam pertemuan menyampaikan bahwa alasan Israel bahwa apa yang dilakukan saat ini merupakan 'self defence' sangat tidak dapat diterima," ungkap Menlu Retno dalam pernyataan resmi yang diunggah di Youtube Kementerian Luar Negeri Indonesia.

"Pertama, alasan tersebut tidak dapat dipakai oleh penjajah seperti Israel. Kedua, alasan self defence tidak dapat dijadikan 'a licence to kill civilian', tidak dapat dijadikan alasan untuk membunuh masyarakat sipil dan menyerang fasilitas sipil," lanjutnya.

Menlu Retno juga mengatakan hingga saat ini masih terus berusaha melakukan kontak dengan Gaza terkait tiga orang warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai relawan di RS Indonesia. Hingga kini, pihak kemenlu masih belum bisa melakukan kontak langsung dengan mereka.