Logo Bloomberg Technoz

Sedangkan Konoha adalah sebuah desa ninja yang ada pada anime karangan Masashi Kishimoto. Desa fiktif yang bernama lengkah Konohagakure adalah wilayah tersembunyi di Negara Api.

Selain memiliki fanbase besar, Konoha dianggap dekat dengan Indonesia karena memiliki kemiripan pada tokoh pimpinan. Sejumlah pengguna media sosial kerap mencocokan antara tujuh presiden Indonesia dengan tujuh pemimpin desa Konoha yang disebut sebagai Hokage.

Seperti Wakanda, Konoha sebenarnya digambarkan sebagai wilayah yang damai dan sejahtera. Bahkan, para hokage disebut memiliki kebijaksanaan tinggi dan berpengaruh secara global. Akan tetapi, Wakanda dan Konoha menjadi negatif saat digunakan untuk menutupi kritik terhadap pemerintah Indonesia.  

"Jangan sampai menyebut Indonesia dengan istilah Wakanda, dengan istilah Konoha. Hanya karena kita tidak berani menyebut nama Indonesia karena khawatir ada Undang-undang ITE," kata Anies.

Menurut dia, saat ini angka demokrasi Indonesia terus menurun. Salah satu pemicunya adalah rendahnya tingkat kebebasan berpendapat. 

Padahal, kata Anies, kritik terhadap pemerintah atau pembuat kebijakan adalah sebuah kontrol untuk memastikan pembangunan yang tepat sasaran. Atas dasar hal ini, dia mengklaim bersama cawapres Muhaimin Iskandar akan mengembalikan kebebasan berpendapat di Indonesia jika terpilih pada Pemilu 2024.

"Kritik itu akan memaksa pembuat kebijakan untuk selalu mengkaji mana yang lebih baik," ujar Anies.

(ros/frg)

No more pages