Logo Bloomberg Technoz

Tak Perlu Sebut Konoha dan Wakanda, Anies Janji Revisi UU ITE

Rosmayanti
22 November 2023 11:40

Capres Anies Baswedan dalam acara dialog terbuka Muhammadiyah bersama calon pemimpin bangsa. (Tangkapan Layar Youtube Muhammadiyah television)
Capres Anies Baswedan dalam acara dialog terbuka Muhammadiyah bersama calon pemimpin bangsa. (Tangkapan Layar Youtube Muhammadiyah television)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Capres nomor urut satu, Anies Baswedan kembali mengungkap janjinya akan melakukan revisi terhadap seluruh aturan yang membatasi kebebasan berpendapat, termasuk Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Dia mengklaim, masyarakat tak perlu lagi menyembunyikan kritik terhadap pemerintah dengan mengubah nama Indonesia menjadi Konoha atau Wakanda. Sebuah tren yang kerap digunakan para pengguna media sosial dan konten kreator di internet.

"Insyaallah undang-undang yang membelenggu kebebasan itu yang akan direncana untuk direvisi di depannya," kata Anies di acara Muhammadiyah, Rabu (22/11/2023).

Wakanda adalah negara fiktif buatan dua kreator Marvel Comics, Stan Lee dan Jack Kirby. Negara yang disebut kaya akan mineral langka bernama vibranium tersebut berada di daerah Afrika Sub Sahara. 

Negeri berteknologi tinggi ini tenar usai film tentang sosok superheronya, Black Phanter meraih kesuksesan di bioskop dunia. Wakanda sendiri sebenarnya digambarkan sebagai negeri yang damai, sejahtera, dan maju. Satu-satunya konflik yang terjadi hanya perebutan tahta raja.

Film Marvel Studio berjudul Black Phanter: Wakanda Forever. (Dok. IG Marvel Studio)