Logo Bloomberg Technoz

Syarat Astra (ASII) Jika Akuisisi Perusahaan Geothermal

Mis Fransiska Dewi
22 November 2023 08:40

Dok. Menara Astra
Dok. Menara Astra

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Astra International Tbk (ASII) tidak menutup kemungkinan untuk masuk ke bisnis energi baru terbarukan (EBT) atau renewable energy. Namun, ada beberapa syarat jika perusahaan memang masuk ke sektor ini.

ASII condong ke energi panas bumi atau geothermal. Perusahaan juga lebih memilih mengakuisisi perusahaan yang sudah melewati tahapan eksplorasi dengan kapasitas yang sudah diketahui.

Lokasi yang diminati juga ada di daerah pegunungan. "Walaupun infrastrukturnya mahal, tetapi terdapat prospek yang baik ke depan," ujar Direktur ASII FXL Kesuma dalam keterbukaan informasi, dikutip Selasa (21/11/2023).

ASII akan berkaca dari Jepang yang memiliki banyak renewable energy yang dikombinasikan dengan pariwisata. "Sehingga, infrastrukturnya bisa dinikmati oleh industri pariwisata dan renewable energy," imbuh Kesuma.

Namun demikian, hal tersebut perlu kolaborasi dengan berbagai pihak sehingga mungkin dapat sharing investasi. Pasalnya, yang menjadi tantangan adalah, geothermal memiliki risiko yang tinggi dan tidak mudah untuk didapatkan.