Logo Bloomberg Technoz

Jelang Dilantik Panglima TNI, Agus Subiyanto Hapus 5 Akun IG

Pramesti Regita Cindy
22 November 2023 07:40

KSAD Jenderal Agus Subiyanto. (Dok. TNI AD)
KSAD Jenderal Agus Subiyanto. (Dok. TNI AD)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Agus Subiyanto baru saja memerintahkan anak buah untuk menutup lima akun instagram yang mengatasnamakan dirinya. Akun-akun fiktif tersebut muncul menjelang dirinya dilantik menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono.

"[Akun] Instagram saya saja sudah ada lima itu. Saya punya pasukan sudah minta untuk take down dan replace," kata Agus, Selasa (22/11/2023).

Hal ini disampaikan dalam bagian rencananya membentuk matra keempat pada TNI yaitu Angkatan Siber. Akan tetapi, dia mengklaim akan lebih dulu membentuk kelompok kerja (Pokja) yang akan memberi masukkan tentang bentuk matra baru militer tersebut.

Secara global, menurut Agus, ada dua bentuk pasukan siber yang diterapkan pada sejumlah negara. Amerika Serikat tercatat memiliki pasukan siber yang berisi prajurit militer dengan kemampuan teknologi digital tinggi. 
Konsep ini cukup sulit karena TNI harus menyediakan anggaran besar dan panjang untuk mendidik sejumlah prajurit sebagai ahli digital.

Bentuk kedua diterapkan Singapura saat membentuk angkatan siber militernya. Berbeda dengan Amerika, pasukan siber Singapura berisi sejumlah masyarakat atau warga sipil yang memang memiliki kemampuan teknologi digital tinggi.