Logo Bloomberg Technoz

Menteri Basuki Pakai Sandal Jepit Saat Dampingi Presiden

26 February 2023 13:13

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menteri menikmati pagi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (24/2/2023. (BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menteri menikmati pagi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (24/2/2023. (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat kunjungan kerja meninjau pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Akan tetapi, penampilan Basuki sempat berbeda pada hari ketiga.

Berdasarkan foto dan video dari Sekretariat Presiden, menteri lulusan Universitas Gajah Mada ini memakai sandal jepit berwarna biru saat berbincang dengan Jokowi dan sejumlah menteri. Padahal saat itu, Jokowi tampak rapi dengan pakaian khasnya kemeja putih dan celana hitam; ditambah sepatu kets warna hitam dengan sol putih. 

Sejumlah menteri lain juga mengenakan sepatu sebagai alas kaki. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga memakai sepatu jenis sport. Menteri Agaria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto memakai sepatu kulit. Sedangkan Kepala Badan Otorita IKN, Bambang Susantono memakai sepatu jenis outdoor.

“Tadi malam diletak di bawah. Di luar, jadi basah,” kata Basuki seperti dalam video di Akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (25/2/2023).

Jokowi bersama sejumlah pimpinan kementerian dan lembaga menginap di IKN selama tiga hari. Mereka tak tinggal di hotel atau gedung pemerintahan. Berdasarkan foto yang beredar, presiden bersama rombongan tinggal di dalam kabin. 

Presiden Jokowi dan Iriana Joko Widodo bermalam di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Penajam Paser Utara. (BPMI Setpres/Laily Rachev)