Logo Bloomberg Technoz

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, menurut Airlangga, inflasi terkendali di angka 2,56% pada Oktober. Indonesia bahkan menjadi salah satu negara yang berhasil mengembalikan inflasi ke target sasaran.

Utang Indonesia juga tercatat kurang dari 40% terhadap produk domestik bruto (PDB). Porsi ini jauh lebih rendah dibanding porsi utang Jepang dan Amerika Serikat (AS) yang melebihi pertumbuhan ekonomi.

"Tidak banyak negara yang bisa mengendalikan PDB, inflasi dan inklusivitas ekonomi yang terlihat dari indikator yang membaik, seperti angka kemiskinan menurun dan penyerapan tenaga kerja yang meningkat," papar Airlangga.

Mantan Menteri Perindustrian ini yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia masih solid di level 5,2%. Hal ini memperhatikan berbagai risiko, dan mengantisipasi ketidakpastian ekonomi global.

Presiden Jokowi  menyampaikan Indonesia memiliki cita-cita untuk menjadi negara maju pada 2045, target ambisius tapi realistis. Jadi butuh eksekusi cerdas dan kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak.

Untuk mencapai cita-cita tersebut, ada empat peluang yang perlu diambil yaitu: Populasi, digitalisasi, hilirisasi, dan inovasi. Potensi ini diharapkan jadi sumber pertumbuhan dan penggerak ekonomi.

(lav/roy)

No more pages