Logo Bloomberg Technoz

Cara kerja TikTok Affiliate pada dasarnya pun sama dengan platform afiliasi lainnya. Ada empat pihak yang terlibat di dalamnya, yakni:

  1. Merchant, yang menyediakan produk untuk dijual
  2. Affiliate Network, yang menghubungkan merchant dan affiliate marketer. Beberapa penjual bekerja sama; dengan afiliasi pemasaran untuk mengumpulkan katalog produk mereka untuk diberikan kepada kreator;
  3. Affiliate Marketer, seseorang yang mempromosikan produk vendor melalui video Tiktoknya;
  4. Konsumen, seseorang yang membeli produk vendor melalui kode atau link yang diberikan oleh Affiliate Marketer.

Setiap affiliate marketer akan menerima kode unik dari penjual atau affiliate network. Ssetelah itu, mereka dapat mempromosikan kode tersebut melalui video-video di TikTok.

Mereka biasanya memasukkan link ke produk yang terkait ke dalam video atau bio profil mereka. Setelah itu, penjual dapat memantau transaksi masing-masing afiliasi marketer dan memberikan komisi sesuai dengan transaksi tersebut.

Beberapa teknik promosi TikTok Affiliate yang berhasil ialah memilih niche atau topik yang sesuai dengan minat dan keahlian afiliator, mempromosikan produk dengan audiens afiliator, menggunakan hashtag atau audio yang populer, dan memasukkan link produk ke video TikTok yang diunggah.

TikTok Affiliate ini merupakan cara terbaik untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan, mendapatkan pelanggan baru, dan meningkatkan kesadaran.

Salah satu kreator yang mendorong TikTok Affiliate adalah Richard Lee, bercerita memulai terlibat pada Januari 2023. Angka perjualan dengan konsep live streaming di TikTok kala itu mencapai Rp35 juta. "Itu dalam satu sampai dua jam ya kurang lebih," cerita Richard saat berbincang dengan Bloomberg Technoz.

(ros/wep)

No more pages