Logo Bloomberg Technoz

CIPP JETP Diluncurkan, Investasi Rp309 T Fokus ke Kelistrikan

Sultan Ibnu Affan
21 November 2023 11:30

Pembangkit Listrik PLN (Dok web.pln.co.id)
Pembangkit Listrik PLN (Dok web.pln.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Rencana kebijakan dan komitmen investasi atau comprehensive investment and policy plan (CIPP) program pendanaan iklim Just Energy Transition Partnership (JETP) resmi diluncurkan Indonesia hari ini, Selasa (21/11/2023). 

Rachmat Kaimuddin, Ketua Tim Pelaksana Satuan Tugas Transisi Energi Nasional, mengatakan dokumen CIPP tersebut menjabarkan peta jalan strategis menuju transisi energi yang ambisius di Indonesia.

“Meskipun bukan solusi lengkap dan instan untuk semua tantangan transisi energi, dokumen ini mengidentifikasi langkah-langkah penting yang tidak dapat dihindari dan memberikan perspektif tentang perjalanan yang akan dihadapi,” paparnya.

Menyitir dokumen CIPP tersebut, fokus besar program pendanaan senilai US$20 miliar (sekitar Rp309 triliun) JETP adalah untuk membangun perekonomian rendah karbon di Indonesia. CIPP akan dievaluasi berkala untuk menyesuaikan dengan perkembangan pasar terkini dan prioritas kebijakan.

Untuk versi 2023, CIPP JETP difokuskan bagi proyek-proyek efisiensi energi dan elektrifikasi alias sektor ketenagalistrikan.