Logo Bloomberg Technoz

Menlu: Serangan Israel ke RS Indonesia Langgar Hukum Humaniter

Delia Arnindita Larasati
21 November 2023 08:10

Menlu Retno Marsudi (Screenshot Zoom Meeting)
Menlu Retno Marsudi (Screenshot Zoom Meeting)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengutuk keras serangan Israel ke RS Indonesia di Gaza. Sebanyak 12 orang dilaporkan meninggal dunia dalam serangan tersebut.

Dalam pernyataan resmi yang dirilis oleh pihak Kementerian Luar Negeri, Retno mendesak semua negara, terutama yang memiliki hubungan dengan dengan Israel, untuk menggunakan pengaruh agar Israel menghentikan serangan di Jalur Gaza.

"Indonesia mengutuk sekeras-kerasnya serangan Israel ke RS Indonesia di Gaza yang menewaskan sejumlah warga sipil. Serangan tersebut merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum humaniter internasional," ungkap Retno Marsudi.

"Semua negara, terutama yang memiliki hubungan dekat dengan Israel harus menggunakan segala pengaruh dan kemampuannya untuk mendesak Israel menghentikan kekejamannya," tambahnya.

Diketahui, ada 3 warga negara Indonesia (WNI) yang memilih untuk menetap di Gaza dan menjadi relawan di RS Indonesia. Retno mengatakan hingga kini pihak Kemenlu masih hilang kontak dengan 3 WNI tersebut, dan sudah berusaha menghubungi berbagai pihak guna memperoleh informasi terkait kondisi dan keselamatan para WNI.