Logo Bloomberg Technoz

Hal ini menimbulkan banyak tanya karena masih ada perwira tinggi AU, AL, dan juga AD yang bisa diusung sebagai pengganti Yudo yang pensiun, 26 November mendatang. 

Keputusan ini kemudian dikaitan dengan kedekatan Jokowi dengan Agus saat keduanya bertugas di Solo. Agus tercatat pernah menjadi Komandan Kodim Surakarta saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo. Hal ini juga yang kemudian diduga membuat Agus pernah menjadi Komandan Paspampres.

Panglima TNI Yudo Margono (tengah) di Papua (Dok Puspen TNI)

Visi Misi Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Dalam paparan selama 30 menit, Agus Subiyanto memaparkan visi misinya jika terpilih menjadi Panlima TNI di hadapan anggota Komisi I DPR, pekan lalu.

Dia menyebut visinya dengan akronim PRIMA yakni TNI yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif (PRIMA). 

"Dalam membangun institusi TNI yang memiliki daya tahan dan daya gempur guna mengatasi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang akan membahayakan integritas bangsa dan negara," kata Agus Subiyanto.

Visi tersebut kemudian tertuang menjadi lima misi. Pertama, memelihara dan memantapkan profesionalisme TNI sebagai alat pertahanan negara. Kedua, meningkatkan kemampuan yang responsif dalam menghadapi perkembangan linkungan strategis.

Ketiga, memantapkan kemampuan TNI yang integratif serta bersinergi dengan Kepolisian, kementerian dan lembaga dan komponen bangsa lainnya. Keempat, mewujudkan percepatan modernisasi alutsista sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kelima, Mewujudkan TNI yang adaptif terhadap tuntutan tugas dan spektrum ancaman.

(frg)

No more pages