Logo Bloomberg Technoz

Agus Subiyanto Akan Disahkan DPR Sebagai Panglima TNI

Fransisco Rosarians Enga Geken
21 November 2023 07:10

Jenderal TNI Agus Subiyanto (tniad.mil.id)
Jenderal TNI Agus Subiyanto (tniad.mil.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) rencananya akan mengesahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI. Pengesahan ini akan berlangsung pada Rapat Paripurna ke-9 Persidangan II tahun 2023-2024, pukul 09.30 WIB, hari ini.

Berdasarkan agenda, Komisi I DPR akan memaparkan hasil uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper tes Agus Subiyanto, Senin (13/11/2023). Setiap fraksi kemudian akan diminta persetujuannya terhadap pengajuan nama Agus sebagai pengganti Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

”Tidak ada catatan, hanya harapan. Adapun pesan-pesan yang dititipkan oleh Komisi I di antaranya adalah netralitas TNI, profesionalitas prajurit, kemudian kesejahteraan prajurit,” ujar Ketua Komisi I Meutya Hafid.

Pengajuan nama Agus sebagai calon tunggal Panglima TNI menjadi sorotan di tengah sejumlah tudingan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang cawe-cawe terlalu dalam pada Pemilu 2024. Sejumlah kebijakannya kemudian dipersoalkan dalam kaitan netralitasnya terutama usai putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka maju menjadi cawapres.

Keputusan Jokowi memilih Agus menjadi polemik karena baru saja dilantik menjadi KSAD pada 25 Oktober 2023. Kurang dari satu pekan, Jokowi mengajukan Agus ke DPR sebagai calon tunggal Panglima TNI, 30 Oktober 2023.