Logo Bloomberg Technoz

TPN Ganjar Sayangkan Ada Gibran di Acara 'Mobilisasi Kepala Desa'

Pramesti Regita Cindy
20 November 2023 18:53

Direktur Hukum TPN, Ronny Talapessy dari TPN Ganjar-Mahfud. (Bloomberg Technoz/ Pramesti Regita Cindy)
Direktur Hukum TPN, Ronny Talapessy dari TPN Ganjar-Mahfud. (Bloomberg Technoz/ Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan calon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Ronny Talapessy menyayangkan soal hadirnya cawapres rival di acara aparatur sipil pemerintahan. Padahal ASN seharusnya netral di pemilu. Acara mobilisasi kepala desa jelas bertentangan dengan prinsip netralitas aparatur pemerintah.

"Pertama kami dari TPN ingin menyampaikan bahwa kepada seluruh pihak kita ingatkan kembali agar kembali netral dalam pemilu kali ini terkhusus untuk ASN, kepala desa hingga perangkat desa dan pejabat," kata Direktur Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Ronny Talapessy dalam konferensi pers yang diberi tajuk "Mobilisi Aparat Desa di Pilpres 2024" di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Ronny menyampaikan hal tersebut karena menyoal acara Silaturahmi Nasional Desa Bersatu 2023 yang diadakan oleh 8 organisasi aparat perangkat desa, di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta  pada Minggu (19/11/2023). 

Acara tersebut turut dihadiri oleh Cawapres nomor 2 Gibran Rakabuming Raka. TPN mengatakan, mereka percaya kehadiran Gibran sudah merupakan bentuk kampanye. Apalagi massa kata dia, ada yang sudah menggunakan nomor urut 2.

"Yang kedua terkait ribuan perangkat desa dan kepala desa yang tergabung dalam (organisasi) Desa Bersatu, menggelar acara deklarasi dukungan kepada paslon nomor 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming seharusnya menjadi perhatian dari pengawas pemilu. Dukungan perangkat desa itu jelas-jelas melanggar UU Pemilu khususnya Pasal 280 dan pasal 282," sambungnya.