Logo Bloomberg Technoz

14 dari 50 Blok Migas yang Ditinggal Investor Dilelang Ulang 2024

Sultan Ibnu Affan
20 November 2023 18:05

Ilustrasi minyak dunia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi minyak dunia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelang ulang 14 dari sekitar 50 blok minyak dan gas bumi (migas) yang baru-baru ini diterminasi kontraknya alias dikembalikan ke negara oleh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan saat ini pemerintah tengah memproses blok-blok migas terminasi yang layak untuk ditenderkan ulang dalam waktu dekat hingga tahun depan.

“Ada 14 yang sedang kami proses, tahun depan dilelang,” ujarnya saat ditemui di kompleks parlemen usai rapat bersama Komisi VII DPR RI, Senin (20/11/2023).

Dari total 50 blok yang ditinggal investornya itu, Tutuka mengatakan tidak semuanya siap untuk ditawarkan kembali kepada calon investor baru. Untuk itu, pemerintah belum akan mengumumkan lelang ulangnya dalam waktu dekat.

“Belum disebarkan [penawarannya ke KKKS]. Dari 50 kan ada yang sudah jalan [proyeknya], ada yang mati. Ada 14 [blok migas] yang akan kami evaluasi lagi, tahun depan,” tuturnya.