Logo Bloomberg Technoz

Citigroup Mulai Gelombang PHK Usai UOB Akuisisi Unit Bisnis di RI

Mis Fransiska Dewi
20 November 2023 13:10

Ilustrasi Citigroup atau Citi. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Citigroup atau Citi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Citigroup Inc. memulai gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai salah satu bentuk reorganisasi secara besar-besaran. PHK ini dilakukan bertepatan dengan akuisisi bisnis konsumernya di Indonesia oleh UOB.

Seperti diketahui, UOB baru saja mengumumkan penyelesaian akuisisi bisnis perbankan konsumer Citigroup di Indonesia. Akuisisi ini sekaligus menandakan  integrasi penuh aset dan liabilitas Citibank Indonesia ke UOB Indonesia. 

"Pengumuman hari ini menyusul selesainya proses integrasi di Malaysia dan Thailand pada bulan November 2022 dan di Vietnam pada Maret 2023. Hal tersebut juga menandai keseluruhan akuisisi UOB atas bisnis perbankan konsumer Citigroup yang terdiri dari bisnis portofolio unsecured, dan secured, wealth management dan retail deposit di empat negara ASEAN," seperti dikutip dari keterangan resmi perusahaan, Senin (20/11/2023).

Keseluruhan akuisisi ini menambah jumlah karyawan UOB sebanyak hampir 5.000 orang yang akan memperkuat tim Bank. Sebaliknya, Citigroup justru dikabarkan memulai gelombang PHK mulai hari ini.

PHK kali ini sekaligus akan menandai gelombang besar pertama dalam perombakan Chief Executive Officer (CEO) Jane Fraser yang bertujuan untuk menyederhanakan pemberi pinjaman dan menyingkirkan lima lapisan manajemen.