Logo Bloomberg Technoz

Astra Rilis Bank Saqu, Ada Taipan Li Ka Shing di Belakangnya

Mis Fransiska Dewi
20 November 2023 12:23

Logo bank saqu. (Bloomberg technoz/Mis Fransiska Dewi)
Logo bank saqu. (Bloomberg technoz/Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) yang dimiliki oleh Astra Financial dan WeLab Ltd melalui WeLab Sky, meluncurkan layanan perbankan digital bernama Bank Saqu hari ini, Senin (20/11/2023). 

Sebagai informasi, WeLab Ltd didukung oleh investor termasuk miliarder Li Ka-shing. Ekspansi ini merupakan bagian dari ambisi WeLab untuk berkembang di kawasan Asia, setelah mendirikan bank digital di Hong Kong pada tahun 2020. Fintech ini juga menjalankan beberapa bisnis di Tiongkok daratan.

Founder dan Group CEO WeLab Simon Loong mengaku antusias menyaksikan peluncuran layanan perbankan digital kedua WeLab di Asia. Menurut dia, pengembangan sistem bank dengan layanan digital ini menghabiskan waktu cepat yaitu, hanya enam bulan, dibandingkan 18-24 bulan bagi layanan serupa. Hal ini disebabkan oleh teknologi dan keahlian dibalik pengalaman WeLab sebagai bank digital berlisensi pertama di Hong Kong. 

“Aspirasi perusahaan adalah untuk membangunnya dari posisi kami saat ini, sekitar 60 juta pengguna menjadi setengah miliar pengguna pada tahun 2032,” kata Simon Loong.

Direktur Astra sekaligus Director-in-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin mengatakan Bank Saqu menyediakan jasa layanan keuangan, khususnya bagi segmen ritel dan usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM). Bank Saqu juga menyasar generasi muda, terutama pemilik usaha kecil, pekerja lepas, dan karyawan tetap dengan pekerjaan tambahan.