Logo Bloomberg Technoz

Dukungan ke PM Kishida di Level Terendah, Sulit Tambah Anggaran

News
20 November 2023 15:05

Fumio Kishida (Sumber: Bloomberg)
Fumio Kishida (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Tingkat dukungan terhadap Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mencapai level terendah baru dalam tiga jajak pendapat. Hal ini menambah tekanan pada kepemimpinannya saat dia berupaya mendorong anggaran tambahan melalui parlemen untuk mendukung paket ekonomi terbaru.

Jajak pendapat yang dirilis pada hari Senin oleh tiga surat kabar terbesar di Jepang—Yomiuri, Asahi, dan Mainichi—menunjukkan tingkat dukungan Kishida masing-masing sebesar 24%, 25%, dan 21%. Tingkat dukungan ini berada di bawah batas 30%, yang dianggap sebagai zona bahaya bagi perdana menteri Jepang. 

Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa Partai Demokrat Liberal (Liberal Democratic Party/LDP) Kishida mungkin akan mempertimbangkan adanya pergantian di puncak kepemimpinan. LDP dijadwalkan akan mengadakan pemilihan pimpinan pada bulan September mendatang.

"Anda tidak bisa begitu saja beralih antara senang dan putus asa dalam menanggapi jajak pendapat," kata Menteri Keuangan Shunichi Suzuki. Dia mengakui bahwa angka survei tersebut adalah penilaian yang sulit terhadap pemerintah dan langkah-langkah stimulusnya.