Logo Bloomberg Technoz

Bursa Asia Menguat, Nikkei Jepang Naik Tertinggi dalam 33 Tahun

News
20 November 2023 10:35

Ilustrasi bursa Asia (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi bursa Asia (Sumber: Bloomberg)

Tassia Sipahutar - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa Asia menguat menyusul kenaikan di Wall Street, seiring dengan optimisme bahwa Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) akan mengakhiri siklus pengetatan kebijakannya. Indeks Nikkei 225 Jepang naik ke level tertinggi dalam 33 tahun.

Nikkei 225 melampaui puncak intraday Juni karena laba perusahaan yang solid dan pelemahan yen meningkatkan kenaikan indeks sepanjang tahun menjadi hampir 30%. Saham di Hong Kong dan China juga naik dari pembukaannya. Kontrak berjangka AS sedikit berubah setelah S&P 500 naik di atas 4.500 pada hari Jumat yang menutup kenaikan mingguan ketiganya berturut-turut.

Investor semakin yakin bahwa The Fed telah selesai dengan kenaikan suku bunga setelah sejumlah data terbaru menunjukkan perekonomian AS sedang melambat. Bloomberg Dollar Index telah menghapus kenaikannya sepanjang tahun. Indeks imbal hasil obligasi AS dan global telah pulih dari kerugian tahun ini.

Wakil Gubernur The Fed bidang pengawasan, Michael Barr, mengatakan pada Jumat bahwa para pejabat kemungkinan berada pada atau mendekati akhir kampanye pengetatan mereka. Namun, Gubernur The Fed San Francisco, Mary Daly, mengatakan para pembuat kebijakan tidak yakin inflasi akan mencapai target 2%.

Grafik kenaikan Nikkei. (Sumber: Bloomberg)