Logo Bloomberg Technoz

Foto Mahfud Bareng Pilot Garuda di Kokpit Tuai Kontroversi

Dovana Hasiana
18 November 2023 21:15

Foto Pilot Garuda Bersama Mahfud MD dengan pose 3 jari. (Dok: Instagram mohmahfudmd)
Foto Pilot Garuda Bersama Mahfud MD dengan pose 3 jari. (Dok: Instagram mohmahfudmd)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Foto calon wakil presiden Mahfud MD, yang merupakan pasangan dari capres Ganjar Pranowo, di kokpit bersama beberapa pilot Garuda Indonesia yang menunjukkan dukungan kepada paslon tersebut menuai kontroversi.

Pengamat Penerbangan Alvin Lie mengatakan, menurut Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) atau Civil Aviation Safety Regulation (CASR), penumpang umum tidak boleh masuk ke dalam kokpit pada saat penerbangan.

Ketika dalam penerbangan, kata Alvin, yang boleh masuk ke kokpit hanya awak kabin berdasarkan persetujuan oleh pilot. Meski ada pihak tertentu yang boleh masuk ke kokpit pada saat penerbangan, penumpang umum bukan salah satunya. 

“Di samping (pilot, co pilot dan awak kabin), (hanya) inspektur direktorat jenderal perhubungan udara, instruktur pilot, petugas maskapai seperti engineer yang ditugaskan untuk memantau aspek tertentu dan personil lain yang mempunyai lisensi atau hak akses (yang bisa masuk). Bukan penumpang umum,” ujar Alvin saat dihubungi Bloomberg Technoz, Sabtu (18/11/2023).

Alvin mengatakan, penumpang umum termasuk pejabat memang boleh masuk ke kokpit. Namun, hanya boleh setelah pesawat mendarat, parkir, dan dalam kondisi mesin mati. Hal ini pun tentu perlu didasarkan izin yang diberikan oleh pilot.