Logo Bloomberg Technoz

Bisnis Consumer Citibank Tutup, 5.000 Karyawan Dialihkan ke UOB

Dovana Hasiana
18 November 2023 14:15

Ilustrasi Citigroup atau Citi. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Citigroup atau Citi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Citibank N.A. Indonesia resmi mengalihkan bisnis consumer banking kepada PT Bank UOB Indonesia per hari ini, Sabtu (18/11/2023), termasuk dalam hal aset dan kewajiban perusahaan. 

Citibank kemudian memfokuskan diri pada layanan perbankan institusional. “Bersama ini kami informasikan bahwa pengalihan aset dan liabilitas Bisnis Consumer Banking Citibank kepada UOB Indonesia akan dilakukan pada 18 November 2023. Apabila ada perubahan atas Tanggal Penyelesaian, kami akan memberi tahu Anda sebagaimana mestinya,” tulis Citibank Indonesia dalam pengumumannya, dikutip, Sabtu (18/11/2023).

Pengalihan ini menjadi bagian dari kesepakatan kedua perbankan ini pada bulan Januari 2022, termasuk bisnis Citi yang sama di Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Peralihan bisnis juga mencakup layanan ritel dan kartu kredit. 

Atas dasar inilah pengajuan kartu kredit Citibank tidak lagi dapat diproses perusahaan. Karyawan Citibank yang terkait bisnis ini juga kemudian beralih atau dipindahkan ke UOB Indonesia dengan jumlah 5.000 orang, tulis Citi.

“UOB akan membayar kepada Citi dalam bentuk tunai atas aset bersih dari bisnis yang diakuisisi, tunduk pada penyesuaian-penyesuaian yang lazim dilakukan pada saat penutupan, ditambah dengan total premi sebesar US$690 juta,atau sekitar Rp9,87 triliun [memakai kurs saat itu Rp14.300/US$] untuk keempat negara tersebut,” papar Citibank.