Logo Bloomberg Technoz

Capres Anies Singgung Kencangnya Kecemasan Curang di Pemilu

Pramesti Regita Cindy
17 November 2023 16:45

Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 1, Anies-Muhaimin. (Bloomberg Technoz/Pramesti).
Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 1, Anies-Muhaimin. (Bloomberg Technoz/Pramesti).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan hadir di acara relawan pendukungnya yakni relawan Garda Matahari di Gedung Joeang 45 Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2023). Anies dalam pidatonya menyinggung soal seringnya muncul peringatan hati-hati kecurangan di pemilu, belakangan ini. Kondisi ini kata dia menunjukkan bahwa bisa jadi terdapat sinyal tanda-tanda kecurangan yang dikhawatirkan tersebut.

"Nah selama bertahun-tahun kita melewati pemilu. Pemilu tahun 1999, 2004, 2009, 2014, 2019 tidak pernah menjelang pemilu kita bicara tentang hati-hati dengan kecurangan. Betul tidak? Selama 2004,2009 kita semua menyongsong pemilu dengan perasaan optimistis menyangsong pemilu dengan perasaan kita akan ada nanti pemilihan yang hasilnya legitimate," kata Anies Baswedan di Jakarta.

"Mengapa akhir-akhir ini kita bicara tentang jangan sampai ada kecurangan? Jangan sampai ada ketidakadilan? Jangan sampai ada manipulasi? Artinya ada suasana munculnya ketidakpercayaan hari ini," imbuh dia.

Dengan kondisi ini lanjut dia, berarti memang ada kondisi yang perlu diubah di negara ini. Dia karena itu meminta para relawan untuk memenangkan gerakan perubahan untuk mengembalikan marwah kehidupan pemerintahan dan negara.

"Insya Allah dengan peran dari bapak ibu sekalian adik-adik di Garda Matahari ini jangkauannya akan luas. Kita perlu menjangkau benar-benar semuanya bila Jakarta, Jawa Barat, Banten kita solid ini kan jangkauannya banyak di sini. Kalau solid insya Allah kita bisa berangkat menuju putaran kedua," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.