Logo Bloomberg Technoz

Habib menyarankan AS harus menjalankan komitmennya untuk membantu negara berkembang dengan menyalurkan pembiayaan transisi energi sebelum proses Pemilu AS tahun depan. Indonesia juga disebut juga harus melakukan harmonisasi terhadap agenda hiliarisasi. 

"Dari AS memang harus menunjukkan ada ini diwujudkan secara cepat sebelum proses pemilu langsung, misalnya tahun depan," kata Habib.

"Tapi dari sisi Indonesia sendiri juga harus melakukan harmonisasi terkait dengan agenda hiliarisasi yang masih memungkinkan untuk penggunaan pembangkit listrik tenaga uap atau batu bara gitu ya untuk melakukan hiliarisasi itu sendiri selama berkaitan dengan strategi nasional" tutup Habib.

Sebelumnya, Jokowi dan Biden juga sepakat tentang pentingnya implementasi JETP. Jokowi menyampaikan agar AS dapat mendukung upaya mempercepat upaya transisi energi di Indonesia, termasuk program pensiun dini pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara, serta pengembangan jaringan transmisi dan distribusi kelistrikan Indonesia.

(dec/lav)

No more pages