Logo Bloomberg Technoz

Indosat Rampungkan Penataan Ulang Jaringan Broadband 2,1 GHz

Rezha Hadyan
25 February 2023 07:26

Indosat Ooredoo Hutchison (Sumber Website Perusahaan)
Indosat Ooredoo Hutchison (Sumber Website Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT. Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Tbk. telah merampungkan penataan ulang atau refarming pita frekuensi radio 2,1 GHz yang disyaratkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Penataan ulang itu adalah guna meningkatkan layanan telekomunikasi berbasis pita lebar (broadband). Refarming dilakukan untuk membuat alokasi frekuensi yang sebelumnya terpisah menjadi berdekatan (contiguous) agar pelanggan bisa mendapatkan akses internet yang lebih cepat.

Manfaat lainnya adalah untuk mengatasi kebutuhan lalu lintas data yang tinggi di masa depan dengan koneksi yang lebih stabil, dan memaksimalkan spektrum frekuensi yang ada.

Chief Technology Officer IOH Desmond Cheung mengatakan refarming pita frekuensi radio 2,1 GHz juga merupakan bagian dari proyek integrasi jaringan IOH pasca mengakuisisi operator seluler Tri (3), yakni PT Hutchtison 3 Indonesia.

“Proses tersebut merupakan bagian dari proyek integrasi jaringan IOH untuk memenuhi komitmen merger dalam meningkatkan kualitas jaringan yang lebih baik di Indonesia,” katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (24/2/2023).