Logo Bloomberg Technoz

EMB-314 Super Tucano, Pesawat TNI AU yang Jatuh di Pasuruan

Fransisco Rosarians Enga Geken
16 November 2023 15:45

Pesawat Tempur Super Tucano(Dok. TNI AU)
Pesawat Tempur Super Tucano(Dok. TNI AU)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dua pesawat TNI Angkatan Udara (AU) mengalami kecelakaan saat proses latihan dan jatuh di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Pasuruan, Jawa Timur. Keduanya merupakan pesawat latih jenis EMB-314 Super Tucano yang berasal dari Skadron 21 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Berdasarkan laman TNI AU, Indonesia memesan dan memiliki 16 unit pesawat Super Tucano yang dibeli langsung dari pabrikan Embraer di Brasil pada 2012. Secara bertahap, seluruh pesawat tersebut dikirim dan ditempatkan di Malang pada 2012, 2014, dan 2016. 

Pesawat dengan kemampuan Counter Insurgency atau anti perang gerilya ini diplot untuk menggantikan pesawat OV-10F Bronco yang sudah tua dan di-grounded. Pesawat ini dinilai sangat pas untuk mendukung misi-misi pengintaian, close air support, dan penumpasan pemberontak.

EMB-314 Super Tucano memiliki dua versi; yaitu tipe A-29ALX (kursi tunggal) dan AT-29B (kursi ganda). Khusus versi kursi ganda ini menjadi pesawat latih TNI AU.

Pesawat TNI ini mengemban tugas yang multi role, dengan penekanan pada serangan ke permukaan. Pesawat bermesin Pratt & Whitney Canada PT6A-68C Turbo Propeller ini memang punya kemampuan manuver yang lincah. Berdasarkan parameter, pesawat tersebut sanggup menahan gaya gravitasi maksimum hingga +7g dan -3.5g.