Logo Bloomberg Technoz

Suku Bunga BI Diproyeksi Naik ke 6,25%, meski Data AS Lesu

Lavinda
16 November 2023 11:05

Deposito Bank Indonesia (Bloomberg Technoz)
Deposito Bank Indonesia (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) diperkirakan tetap melonjak dari level saat ini 6% ke kisaran 6,25%-6,5% pada akhir tahun ini, dengan potensi kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps)  pada November. Jika berlanjut, suku bunga bisa kembali naik 25 bps pada Desember. 

"Perangkat kebijakan moneter lebih bersifat pre-emptive (pencegahan) dibandingkan reaktif, sehingga akan terlambat jika BI menaikkan suku bunga secara reaktif ketika nilai tukar rupiah sudah melemah," ujar Ekonom Bahana Securities Satria Sambijantoro dalam hasil riset yang dikutip pada Kamis (16/11).

BI diperkirakan tetap menaikkan suku bunga, meski inflasi Amerika Serikat (AS) secara umum melambat pada Oktober. Hal ini merupakan tanda kemajuan yang menggembirakan bagi Bank Sentral AS Federal Reserve (The Fed) dalam upaya panjang mengendalikan tekanan kenaikan harga.

Menurut data Biro Statistik Tenaga Kerja yang dirilis pada Selasa, Indeks harga konsumen (IHK) inti yang tidak termasuk biaya makanan dan energi, meningkat sebesar 0,2% dibanding September. 

Ilustrasi Rupiah dan Bank Indonesia (Bloomberg Technoz)

Menurut Satria, mengingat perbedaan suku bunga yang besar dan defisit neraca pembayaran Indonesia yang terus berlanjut, sikap The Fed yang tidak terlalu agresif atau hawkish saat ini tak akan mengubah dinamika pasokan dan permintaan valuta asing terhadap rupiah.