Logo Bloomberg Technoz

20 Ribu Ton Jagung Impor Tiba di RI

Dovana Hasiana
15 November 2023 18:40

Jagung di lahan pertanian di Subang, Jawa Barat, Sabtu (29/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Jagung di lahan pertanian di Subang, Jawa Barat, Sabtu (29/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan sebanyak 20 ribu ton jagung impor tiba di Pelabuhan Teluk Lamong, Surabaya pada Rabu (15/11/2023). 

20 ribu ton jagung impor yang baru masuk ini merupakan bagian dari 171 ribu ton yang secara bertahap masuk untuk memenuhi kebutuhan pakan peternak mandiri di wilayah sentra produksi ayam dan telur. 

“Seperti yang kami sampaikan pekan lalu pada saat Rapat dengan Komisi IV DPR RI, bahwa hari ini  masuknya jagung sebanyak 20 ribu ton untuk memenuhi kebutuhan pakan bagi para peternak rakyat kita terutama peternak boiler dan layer. Ini sangat dinanti untuk memastikan pasokan jagung pakan terpenuhi saat ini bagi para sedulur peternak kita ” ujar Arief dalam siaran pers Rabu (15/11/2023). 

Arief mengatakan, jagung pakan ini akan segera didistribusikan kepada para peternak mandiri kecil sesuai verifikasi data yang diterima dari Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. 

Bapanas pun sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian mengenai data-data peternak mandiri kecil berupa nama dan alamat. Sehingga proses distribusi akan segera dilakukan oleh Bulog. Menurutnya, pakan ternak ini akan sangat membantu para peternak untuk tetap berproduksi dan menjaga harga daging ayam dan telur ayam di hilir.