Logo Bloomberg Technoz

Joe Biden Digugat Sekelompok Warga AS karena Genosida di Gaza

News
15 November 2023 17:10

Presiden AS Joe BIden (Sumber: Bloomberg)
Presiden AS Joe BIden (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, New York - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden digugat oleh sekelompok warga di negara itu karena gagal mencegah, membantu, dan bersekongkol untuk genosida di Gaza.

Gugatan itu diajukan pada Selasa terhadap Biden, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

Biden digugat oleh kelompok masyarakat sipil berbasis di New York, yaitu Center for Constitutional Rights (CCR). Gugatan diajukan atas nama organisasi hak asasi manusia Palestina, warga Palestina di Gaza, dan warga AS yang memiliki kerabat di daerah tersebut, yang telah menghadapi pemboman tanpa henti oleh Israel selama lebih dari sebulan dengan menerima dana dan senjata dari pemerintah AS.

"Jika supremasi hukum berarti segalanya -pengadilan harus mempunyai peran dan tanggung jawab untuk menegakkan prinsip dasar hukum internasional ini. Kehidupan banyak orang dipertaruhkan," tulis CCR dalam gugatannya kepada Biden.

Mereka mengatakan banyak pemimpin pemerintahan Israel telah menyatakan niat genosida dengan jelas dan menerapkan sebutan yang tidak manusiawi terhadap warga Palestina, termasuk "manusia hewan."