Logo Bloomberg Technoz

Surat Utang RI Laris, Rupiah Perkasa

Ruisa Khoiriyah
15 November 2023 12:35

Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pasar obligasi (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Euforia pasar hari ini mengerek pamor Surat Utang Negara (SUN) yang mencetak reli harga sejurus dengan penurunan imbal hasil Treasury, surat utang Amerika Serikat (AS) hingga double digit.

Harga SUN tenor menengah lima tahun melesat karena menjadi incaran pemodal di pasar, terindikasi dari penurunan imbal hasil tajam, terdalam sejak 2022 silam.

Berdasarkan pemantauan di pasar obligasi sampai Rabu siang ini (15/11/2023), SUN-5 tahun mencatat penurunan yield hingga 19,1 basis poin (bps) ke kisaran 6,67% dan menjadi penurunan imbal hasil terbesar sejak Desember 2022 lalu.

SUN atau INDOGB-3 tahun juga laris diserbu pemodal dengan penurunan yield hingga 15,6 bps ke kisaran 6,52%. Disusul oleh INDOGB tenor 30 tahun yang juga tergerus yield-nya 6,3 bps. 

Selain tiga tenor tersebut, SUN benchmark tenor lain justru mencatat penurunan harga terindikasi dari pergerakan yield yang justru naik di tengah 'pesta' di pasar keuangan hari ini tersulut euforia pasca rilis data inflasi AS.