Logo Bloomberg Technoz

Dituding Pusat Komando Hamas, RS Al-Shifa Dikepung Tank Israel

News
15 November 2023 09:30

Kendaraan tempur medis tentara Israel melewati Kibbutz Be'eri, Israel, Minggu (22/10/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)
Kendaraan tempur medis tentara Israel melewati Kibbutz Be'eri, Israel, Minggu (22/10/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Militer Israel mengatakan sedang melakukan operasi di sebuah rumah sakit besar di Gaza, yang dituding digunakan Hamas sebagai pusat komando. Tindakan ini dapat meningkatkan kritik internasional terhadap negara tersebut.

Pasukan Pertahanan Israel (Israel Defense Forces/IDF) "melakukan operasi yang tepat dan terarah melawan Hamas di area tertentu di RS Shifa," demikian pernyataan IDF pada Rabu dini hari. IDF sebelumnya telah "menyampaikan sekali lagi pada pihak berwenang di Gaza bahwa semua aktivitas militer di dalam rumah sakit harus dihentikan dalam waktu 12 jam. Sayangnya, hal itu tidak terjadi," menurut pernyataan tersebut.

Skala tindakan Israel ini masih belum jelas. IDF mengatakan pasukannya termasuk tim medis dan penutur bahasa Arab. Seorang pejabat di kementerian kesehatan Gaza mengatakan tank-tank berada di gerbang depan RS.

Operasi IDF ini sudah sangat diantisipasi setelah Israel mengatakan rumah sakit dan terowongan di bawahnya digunakan oleh Hamas untuk menyembunyikan pasukan setelah serangan kelompok tersebut pada 7 Oktober terhadap Israel. Hamas membantah tuduhan Israel bahwa mereka menggunakan rumah sakit sebagai basis.