Logo Bloomberg Technoz

Pentagon Diam-Diam Terus Tambah Bantuan Militer ke Israel

News
15 November 2023 08:10

Departemen Pertahanan AS atau Pentagon (Sumber: Bloomberg)
Departemen Pertahanan AS atau Pentagon (Sumber: Bloomberg)

Tony Capaccio - Bloomberg News

Bloomberg, Pentagon diam-diam meningkatkan bantuan militer kepada Israel. Berdasarkan daftar internal Departemen Pertahanan, mereka memenuhi permintaan yang mencakup lebih banyak rudal berpemandu laser untuk armada tempur Apache, serta peluru 155mm, perangkat pengelihatan malam, amunisi penghancur bunker, dan kendaraan militer baru.

Aliran senjata ke Israel melebihi pengiriman yang banyak diberitakan seperti interceptor untuk Iron Dome dan bom pintar Boeing Co. Pengiriman ini terus berlanjut meskipun pejabat pemerintahan Biden semakin memperingatkan Israel untuk menghindari jatuhnya korban sipil di Jalur Gaza.

Senjata yang diminta oleh Israel dalam melawan Hamas tercantum dalam dokumen berlabel "Permintaan Pemimpin Senior Israel" yang bertanggal akhir Oktober, dan beredar di Pentagon.

Menurut dokumen yang ditinjau oleh Bloomberg News, senjata-senjata tersebut sudah dikirim atau Departemen Pertahanan sedang mengupayakannya dari persediaan di gudang AS dan Eropa. Pada akhir Oktober, sebagai contoh, 36.000 butir amunisi meriam 30mm, 1.800 amunisi penghancur bunker M141 yang diminta, dan setidaknya 3.500 perangkat penglihatan malam sudah dikirimkan.