Logo Bloomberg Technoz

Inflasi AS Oktober Terkendali, Melambat Jadi 3,2%

News
14 November 2023 21:33

Ilustrasi Indeks Harga Konsumen (Consumer Price Index/CPI). (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Indeks Harga Konsumen (Consumer Price Index/CPI). (Dok: Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi Amerika Serikat (AS) secara umum melambat pada Oktober. Hal ini merupakan sebuah tanda kemajuan yang menggembirakan bagi Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) dalam upaya panjang mengendalikan tekanan kenaikan harga.

Menurut data Biro Statistik Tenaga Kerja yang dirilis pada hari Selasa, Indeks harga konsumen (IHK) inti yang tidak termasuk biaya makanan dan energi, meningkat sebesar 0,2% dari bulan September. 

Para ekonom lebih menyukai indikator inti sebagai penunjuk yang lebih baik dari inflasi yang mendasar daripada IHK secara keseluruhan. Namun, ukuran tersebut terhenti, ditekan oleh penurunan harga bensin yang lebih murah.

Meskipun mengalami beberapa tantangan dalam beberapa bulan terakhir, inflasi telah menurun secara signifikan dari angka tertinggi dalam 40 tahun terakhir yang dicapai pada tahun lalu. Hal ini membuat beberapa pembuat kebijakan di The Fed memberi sinyal selesai menaikan suku bunga. Akan tetapi, Gubernur Jerome Powell secara berulang kali menekankan bank sentral masih dapat menaikkan suku bunga kembali jika diperlukan.

Data inflasi AS. (Sumber: Bloomberg)