Logo Bloomberg Technoz

Penetapan Nomor Urut Pilpres 2024: Anies 1, Prabowo 2, Ganjar 3

Pramesti Regita Cindy
14 November 2023 20:40

Pengambilan nomor urut Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin (Bloomberg Technoz/Andrean Kristanto)
Pengambilan nomor urut Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin (Bloomberg Technoz/Andrean Kristanto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penetapan nomor urut Pilpres 2024 resmi diumumkan. Capres-Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, sementara itu pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan penetapan nomor urut 3 milik pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Penetapan nomor urut Pilpres 2024 diumumkan dalam Sidang Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Capres-Cawapres Pemilu 2024 yang digelar di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (14/11/2023) malam. Para calon capres-cawapres hadir langsung mengambil nomor undian.

Penetapan nomor urut merupakan salah satu agenda yang telah ditetapkan KPU dalam serangkaian gelaran Pilpres 2024. Agenda terdekat setelah ini adalah masa kampanye yang akan dimulai pada 28 November 2023.

Diberitakan sebelumnya, tiga pasangan capres-cawapres telah ditetapkan KPU sehari sebelumnya atau pada Senin (13/11/2023). KPU memastikan tiga paslon yang mendaftar dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi hingga kesehatan.

Suasana di KPU jelang penetapan nomor urut pasangan capres. (Sumber: Miss Fransiska Dewi/Bloomberg Technoz)

Paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menjadi pasangan yang perdana mendaftar pada 19 Oktober 2023. Pasangan 'Amin' diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri dari Partai NasDem, PKB, PKS. Total 29,4% perolehan suara gabungan parpol sebelumnya.