Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani dan Menkeu China Perkuat Kerja Sama Transisi Energi

14 November 2023 19:45

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dok: Kementerian Keuangan)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dok: Kementerian Keuangan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Menteri Keuangan China, Lan Foan, di sela-sela rangkaian agenda Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) yang digelar di San Fransisco, Senin (13/11/2023).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya sepakat bahwa Indonesia dan China akan memperkuat hubungan dan kerja sama, terutama di bidang transisi energi. Menurut Sri Mulyani, Lan memiliki banyak pengalaman di bidang ini.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani mengatakan hubungan bilateral dan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan China telah terjalin erat sejak lama. Ia bilang berbagai proyek utama seperti pembangunan kereta cepat dan hilirisasi mineral-mineral strategis merupakan buah dari sinergi kedua negara yang erat.

“Di hari pertama rangkaian agenda APEC kemarin, saya berkesempatan untuk berjumpa dengan Menteri Keuangan China yang baru saja dilantik, Mr. Lan Foan. Ia bercerita, Indonesia punya kedekatan tersendiri bagi dirinya,” beber Sri Mulyani melalui laman Instagram resmi @smindrawati, dikutip Selasa (14/11/2023).

Melalui unggahannya, Sri Mulyani menceritakan bahwa Lan lahir dan punya karier panjang di pemerintahan Provinsi Guangdong, yaitu provinsi di Tiongkok yang diketahui terdapat banyak pebisnis Indonesia berasal dari sana. Karenanya, bagi Lan, Indonesia sudah seperti kawan lama.