Logo Bloomberg Technoz

Anies-Muhaimin Nomor Urut 1 di Pilpres 2024

Pramesti Regita Cindy
14 November 2023 20:38

Bacapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar melakukan pendaftaran di Kantor KPU, Kamis (19/10/2023). (Bloomberg Tehnoz/Andrean Kristianto)
Bacapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar melakukan pendaftaran di Kantor KPU, Kamis (19/10/2023). (Bloomberg Tehnoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut 1 (satu) di Pilpres 2024. Berikutnya nomor urut 1 tersebut akan menjadi identitas Anies-Muhaimin alias Amin di kampanye hingga pada hari pencoblosan mendatang.

Penetapan nomor urut dilakukan usai pengundian dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta pada Selasa malam (14/11/2023) sebagaimana diterakan peraturan KPU (PKPU). 

"Rapat pleno terbuka penetapan dan pengundian nomor urut Pemilu 2024 hari ini Selasa, 14 November 2023 dinyatakan dibuka untuk umum," kata Hasyim Asy'ari di Jakarta.

Pengambilan nomor urut antrean berdasarkan kedatangan sewaktu pendaftaran sehingga akan dimulai Muhaimin Iskandar lalu Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka. Tahap pertama pengambilan nomor antrean lalu lanjut mengambil nomor undian. Pengundian karena itu dilakukan dua tahap.

Nomor antrean sendiri ada 1-14. Kemudian mereka menunjukkan nomor antrean. Lalu setelah antrean ada nomor urut yang diambil dari dalam tabung lalu menunjukkan nomor urut itu. Nomor urut dituangkan dalam penetapan capres-cawapres Pemilu 2024 dan lalu ditetapkan dengan keputusan KPU. Salinan keputusan KPU itu kemudian diberikan ke masing-masing paslon dan Bawaslu.