Logo Bloomberg Technoz

Riset Sebut Kolaborasi TikTok dan Tokopedia Mungkin Terjadi

Mis Fransiska Dewi
13 November 2023 16:42

TikTok. (Dok: Bloomberg)
TikTok. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Maybank Sekuritas Indonesia menyatakan kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia dalam bisnis e-commerce berpeluang besar terjadi. Tokopedia, yang merupakan sayap e-commerce dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, merupakan mitra potensial bagi TikTok karena memiliki ekosistem yang luas.

"Kami berpendapat bahwa kemitraan TikTok-Tokopedia mungkin terjadi, meskipun belum ada konfirmasi dari kedua belah pihak," kata Analis Maybank Sekuritas Etta Rusdiana Putra, dalam risetnya baru-baru ini.

Maybank Sekuritas merupakan lembaga yang pertama kali melemparkan wacana kemitraan antara TikTok dan Tokopedia pada 17 Oktober lalu. Kala itu, Maybank menyatakan TikTok Shop berpeluang besar akan kembali beroperasi di Indonesia dengan bermitra dengan pemain yang sudah ada. Adapun dua opsi lainnya bagi TikTok adalah membangun platform e-commerce sendiri, atau mengakuisisi e-commerce yang sudah ada. 

"Dengan asumsi model kemitraan, kami yakin GOTO adalah kandidat utama (mitra TikTok)," tulis riset tanggal 17 Oktober.

Sekitar sebulan berlalu, Maybank Sekuritas tetap mempertahankan opininya. Etta mengatakan live streaming berdampak pada kinerja Tokopedia, karena memiliki eksposure yang rendah terhadap produk-produk yang perlu didemonstrasikan, seperti cara merias wajah dan menata gaya pakaian. Sisi positifnya, GOTO meresponsnya dengan proyek percontohan untuk melakukan penjualan langsung di Instagram (bagian dari ekosistem Facebook).