Logo Bloomberg Technoz

Sehingga, kupon yang diberikan saat penawaran perdana menjadi batas kupon minimal di mana saat ada kenaikan BI7DRR maka akan dilakukan penyesuaian berupa kenaikan tingkat kupon. Sebaliknya, ketika BI7DRR di perjalanan mengalami penurunan, tingkat kupon tidak ikut turun melainkan tetap seperti tingkat kupon saat ditawarkan pertama.

Fitur itu menjadi kelebihan dari sukuk tabungan yang juga dimiliki oleh SBN ritel lain berjenis saving bond ritel. Akan tetapi, dua jenis SBN ritel itu sama-sama tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder alias harus dipegang sampai jatuh tempo. Meski ada fitur pencairan lebih awal atau early redemption, nilai pencairan juga dibatasi tidak bisa 100% dari nilai dana yang diinvestasikan.

Kementerian Keuangan mengumumkan, para investor ST009 juga banyak yang mencairkan lebih awal investasi mereka di SBN ritel tersebut. "Total volume early redemption yang disetujui adalah Rp86,44 miliar di mana jumlah investor yang memanfaatkan pencairan lebih awal mencapai 1.095 investor," jelas Kementerian Keuangan.

Kebanyakan investor yang mencairkan investasi mereka di ST009 adalah dari kalangan pensiunan, pelajar/mahasiswa dan pekerja seni dengan proporsi mencapai 35,7%. Diikuti oleh kalangan pegawai swasta dan profesional yang mencapai 35,6%, lalu kelompok wiraswasta sebanyak 13,61%.

Kini setelah sebagian investor memilih mencairkan investasinya, nilai pokok dana di ST009 mencapai Rp9,91 triliun. "Ini adalah pengajuan early redemption dari tanggal 25 Oktober hingga 3 November," jelas Kementerian.

Seri Baru

Saat ini pemerintah masih membuka masa pemesanan untuk sukuk tabungan seri terbaru yaitu ST011 yang juga ditawarkan dalam dua seri berdasarkan tenor.

Yaitu ST011-T2 yang ditawarkan dengan tingkat imbalan 6,3% p.a. Lalu ST011-T4 bertenor empat tahun yang ditawarkan dengan imbalan 6,5%.

Tingkat imbalan itu menjadi batas minimal kupon karena SBN ritel ini juga memiliki fitur floating with floor. Sehingga apabila di kemudian hari BI7DRR kembali naik dari posisinya saat ini di 6%, akan ada penyesuaian tingkat kupon yang diterima oleh investor.

(rui/aji)

No more pages