Logo Bloomberg Technoz

Mentan: Impor Beras Bisa Capai 5 Juta Ton di 2024

Dovana Hasiana
13 November 2023 15:40

Pengangkutan beras Bulog. (Dok Bulog.co.id)
Pengangkutan beras Bulog. (Dok Bulog.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka kemungkinan Indonesia bakal mengimpor hampir 5 juta ton beras pada 2024. Angka ini meningkat 1,5 juta ton beras dari penugasan impor beras sebesar 3,5 juta ton pada 2023. 

Amran mengatakan, hal ini dilandasi oleh berbagai tantangan yang kompleks pada sektor pertanian, namun yang paling utama adalah adanya fenomena iklim el-nino yang sangat parah.

“Berpeluang impor mencapai 5 juta ton tahun 2024. Perlu segera dilakukan upaya khusus percepatan peningkatan produksi pangan untuk memenuhi pangan masyarakat,” ujar Amran dalam agenda rapat kerja dengan Menteri Pertanian bersama Komisi IV di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Amrah menggambarkan fenomena saat ini sebagai ‘gorila el-nino’, kondisi iklim yang menyebabkan peningkatan suhu sebesar 1,5° celcius menyebabkan adanya kekeringan tanaman dan penurunan produksi. 

Kondisi ini semakin diperparah dengan adanya konflik-konflik geopolitik yang menghambat distribusi pangan dan adanya kebijakan penahanan ekspor pangan yang dilakukan oleh beberapa negara produksi pangan, salah satunya India.