Logo Bloomberg Technoz

META Bocorkan Kode Harga Buyback untuk Investor

Rosmayanti
13 November 2023 15:30

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) memberikan acuan harga buyback saham dalam rangka penawaran tender atau tender offer. Ini merupakan rangkaian dari rencana perusahaan untuk go private.

Dahlia Evawani, Corporate Secretary META dalam keterangan resminya menjelaskan, sebelum pelaksanaan suspensi pada 8 November 2023, jumlah terakhir pemegang saham publik perseroan yaitu sebanyak 12.555 pihak. Adapun porsi kepemilikannya sejumlah 14,98%. 


"Harga yang ditawarkan nanti akan lebih tinggi dari harga rata-rata tertinggi perdagangan harian selama 90 hari terakhir sebelum pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), 19 Desember 2023," ujar Dahlia dikutip Senin (13/11/2023). Saat ini harga saham META berhenti di Rp238 per saham.

Pengendali META, PT Metro Pacific Tollways Indonesia (MPTI), diketahui akan menjadi pihak yang melakukan penawaran tender offer.

Setidaknya, ada empat latar belakang perseroan memilih go private. Pertama setelah penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau Rights Issue di tahun 2010 dan 2018, perseroan tidak melakukan penggalangan dana (capital raising) dari pasar modal dan tidak ada rencana untuk melakukannya di masa depan.