Logo Bloomberg Technoz

Emiten Anthoni Salim META Beberkan Alasan Hengkang dari Bursa RI

Rosmayanti
13 November 2023 15:20

Presiden Direktur dan CEO PT Indofood CBP Sukses Makmur, Anthoni Salim. (Yuriko Nakao/Bloomberg)
Presiden Direktur dan CEO PT Indofood CBP Sukses Makmur, Anthoni Salim. (Yuriko Nakao/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten milik Anthoni Salim, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META), buka suara terkait rencananya untuk hengkang dari pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), alias go private.

Mengutip keterbukaan informasi yang disampaikan perseroan, Senin (13/11/2023),  Dahlia Evawani, Corporate Secretary META menjelaskan, sedikitnya empat latar belakang perseroan dalam rencana go private

Pertama, setelah penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau Rights Issue di tahun 2010 dan 2018, perseroan tidak melakukan penggalangan dana (capital raising) dari pasar modal dan tidak ada rencana untuk melakukannya di masa depan.


Kedua, kinerja keuangan per 30 Juni 2023 dan 30 September 2023 perseroan merugi. Selanjutnya, perseroan tidak memberikan dividen kepada pemegang sahamnya setelah tahun buku 2018.

"Terakhir, terdapat rencana pengembangan di anak usaha sektor jalan tol yang membutuhkan pendanaan besar (capital intensive) dan karakteristik usaha tersebut membutuhkan periode yang lama untuk menghasilkan imbal balik investasi (return on investment), dan sebagai akibatnya dapat menambah jangka waktu lebih panjang lagi untuk dapat memberikan dividen kepada pemegang sahamnya," ujar Dahlia dalam keterbukaan informasi, dikutip Senin (13/11/2023)