Logo Bloomberg Technoz

Diyakini Raih Profit di Kuartal IV, Saham GOTO Melesat 3,95%

Donald Banjarnahor
13 November 2023 12:47

GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
GOTO Gojek Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk melesat 9,21% ke level Rp83, pada intraday perdagangan sesi 1, Senin (13/11/2023) yang ditopang ekspektasi positif terhadap kinerja keuangan kuartal terakhir. Saham perusahaan teknologi ini, ditutup pada level Rp79 atau naik 3,95% pada akhir sesi I.

Kenaikan ini didorong oleh volume beli yang cukup besar. Total volume perdagangan mencapai 4,8 miliar saham dengan nilai transaksi Rp380,36 miliar. Hal ini menjadikan GOTO saham paling aktif pada perdagangan sesi 1 dari sisi volume dan nilai transaksi. 

Sejumlah analis sudah memproyeksi GOTO akan mencapai level profitabilitas pada kuartal IV-2023, setelah Grab yang menjadi pesaing utamanya, sudah mencapai level yang sama pada kuartal III-2023 kemarin.

Henry Wibowo, Head of Indonesia Research and Strategy JP Morgan yang berkeyakinan dan percaya bahwa potensi kenaikan dan pertumbuhan kinerja akan meningkatkan kemampuan GOTO untuk mencapai titik impas EBITDA yang disesuaikan pada kuartal IV-2023, yang dapat memicu pendapatan positif di pasar.

“Dalam pandangan kami, ini memberikan argumen untuk potensi kenaikan yang bertumbuh, karena perkiraan kami menunjukkan adanya EBITDA yang disesuaikan positif pada kuartal IV-2023 yang didorong oleh tingkat monetisasi yang lebih tinggi (+10 poin basis dalam FY23E dibandingkan dengan 1Q23), biaya operasional yang lebih rendah (-38% YoY), dan latar belakang persaingan yang lebih sehat,” kata Henry, dalam riset sebelumnya.