Logo Bloomberg Technoz

Spinjam Kalahkan EasyCash & AdaKami Salurkan Pinjol di Agustus

News
13 November 2023 12:50

Ilustrasi Pinjaman Online (Pinjol). (Envato/DragonImages)
Ilustrasi Pinjaman Online (Pinjol). (Envato/DragonImages)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Spinjam dari PT Lentera Dana Nusantara menjadi pinjaman online (pinjol) legal dengan penyaluran pinjaman terbesar per Agustus 2023, dengan menyalurkan Rp4,43 triliun atau menguasai 21,59% pangsa pasar penyaluran pinjaman. Hal ini terungkap dalam Roadmap Pengembangan dan Penguatan LPBBTI 2023-2028 yang disusun Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Spinjam berhasil menjadi pemilik pangsa pasar karena manajemen menawarkan pinjaman tunai tampa jaminan dengan fitur cicilan bulanan yang ditawarkan untuk konsumen yang berbelanja di patform e-Commerce Shopee.

Peringkat kedua ada EasyCash dari PT Indonesia Fintopia Technology (EasyCash) senilai Rp1,7 triliun. Peringkat ketiga ada PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami) Rp1,31 triliun.

OJK mencatat, outstanding pinjol legal di Indonesia per Agustus mencapai Rp53,12 triliun atau meningkat 12,46% secara year on year(yoy) dan3,9% secara year to date (ytd). Kualitas pinjaman atau TWP90 berada di bawah 5% atau tepatnya 2,88%.

Penyaluran pinjaman Pinjol Legal di Indonesia (Sumber OJK)

“Sebagian besar penyaluran pinjaman pinjol ditujukan untuk pembiayaan non produktif yaitu sebesar 60,95% dari tatal penyaluran pembiayaan pada Agustus 2023,” tulis OJK dalam laporan tersebut.