Logo Bloomberg Technoz

Namun, saingan yang lebih kecil PDD Holdings, yang menargetkan pasar berpenghasilan rendah dan pedesaan, mengalami pertumbuhan 20%, menurut perkiraan analis Goldman Sachs Ronald Keung.

“Kenaikan yang melambat menunjukkan kita perlu meluncurkan langkah-langkah stimulus ekonomi skala besar yang cukup kuat untuk meningkatkan kepercayaan pasar dan mendorong ekonomi,” tulis Ren Zeping, ekonom terkenal yang sebelumnya adalah peneliti di Pusat Penelitian Pengembangan Dewan Negara China pada Senin.

“Konsumen menjadi lebih dewasa dan rasional karena mereka mengejar nilai uang yang tinggi. Persepsi mereka tentang merek juga berubah, dan merek domestik dengan nilai uang yang tinggi meningkat.”

Ilustrasi promo harbolnas atau Single Day di China. (Dok: Bloomberg)

Konsumsi China telah lesu dalam pembukaan kembali negara pasca-pandemi, dilanda turbulensi ekonomi dari pasar properti yang runtuh. Hal yang meningkatkan pengangguran di kalangan pemuda. Tekanan deflasi memburuk pada bulan Oktober, menimbulkan kekhawatiran tentang lintasan pertumbuhan negara.

Singles' Day atau hari untuk para jomblo tahun ini berfokus pada strategi harga rendah untuk menarik konsumen yang enggan berbelanja. Taobao dan Tmall milik Alibaba mengatakan diskon langsung yang menawarkan potongan harga sebesar 15% berhasil mengumpulkan 210 juta pesanan, sementara lebih dari 400 merek tahun ini berhasil meraup lebih dari 100 juta.

"Dengan perilaku belanja yang selektif dan ketersediaan platform alternatif, kami percaya konsumen memiliki banyak pilihan untuk produk 'value-for-money'," tulis analis Citigroup, Alicia Yap. "Waktu belanja konsumen dan segmen wallet share mengalami penurunan dan terbagi di antara pasar tradisional dan platform video pendek."

Deflasi menekan pertumbuhan ekonomi di negara China. (Dok: Bloomberg)

Perusahaan pengiriman pos China menangani 639 juta paket secara nasional pada 11 November, meningkat 16% dari tahun lalu, kata Biro Pos Negara pada hari Minggu. Jumlah yang ditangani dalam 11 hari pertama November mencapai 5,3 miliar, melonjak 23%, menurut biro tersebut.

Platform yang kurang tradisional seperti Douyin dan Kuaishou Technology kemungkinan berkembang pesat, menarik pembeli dengan format mereka yang lebih baru dan periode diskon  lebih lama dari biasanya, yang dimulai sekitar pertengahan Oktober.

Keung mengatakan mereka diuntungkan karena pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di platform video pendek seperti itu secara umum.

Baitiao, Bisnis pembayaran kredit JD, menyatukan 400.000 merek dan pedagang untuk memberikan subsidi lebih dari 1,5 miliar yuan (sekitar US$206 juta) kepada para pengguna. Perusahaan mengatakan bahwa lebih dari 60 merek telah melampaui 1 miliar penjualan, dan hampir 20.000 merek melaporkan bahwa volume transaksi meningkat tiga kali lipat dari tahun sebelumnya.

"Pertumbuhan selama tahap 1 (Oktober 2023) mengecewakan. Momentum kemungkinan akan meningkat di bulan November," tulis analis Jefferies, Thomas Chong. "Meskipun, momentum pertumbuhan pada tanggal 11 November lebih lambat dari yang diharapkan."

(bbn)

No more pages