Logo Bloomberg Technoz

Proyek MRT Balaraja-Bekasi Mulai Dibangun 2024, Total 84 Km

Dovana Hasiana
13 November 2023 10:00

Suasana penumpang MRT di Jakarta, Senin (12/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana penumpang MRT di Jakarta, Senin (12/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Proyek MRT koridor timur-barat bakal segera dibangun pada 2024. Koridor MRT ini bakal menjahit sejumlah wilayah mulai dari Balaraja Tangerang hingga ke Bekasi.

Kesepakatan proyek tersebut terungkap usai pemerintah menandatangani kesepakatan dengan dan Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam risalah pembahasan penilaian (Minutes of Discussion/MoD of Appraisal Mission) proyek MRT Koridor Timur – Barat (East – West) fase 1 tahap 1.
 
“Saya sangat berharap proyek MRT koridor Timur-Barat ini dapat berjalan dengan baik dan dapat selesai tepat waktu, sehingga dapat segera dinikmati oleh masyarakat,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam siaran pers, Sabtu (11/11/2023). 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal menyebutkan bahwa setelah penandatanganan MoD ini, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) akan segera menyelesaikan kelengkapan administrasi dari proyek ini. 

Urusan administrasi pun ditargetkan segera selesai sehingga proses pengembangan MRT timur barat dapat segera dimulai pada tahun 2024. 

MRT Jakarta koridor Timur-Barat akan terbentang sepanjang 84,1 km dari Balaraja, Tangerang hingga Cikarang, Bekasi.