Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Terbang ke AS dari Riyadh, akan Bertemu Joe Biden

Pramesti Regita Cindy
13 November 2023 10:10

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok: Sekretaris Negara)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok: Sekretaris Negara)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bertolak menuju Amerika Serikat (AS) usai dia menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi pada Minggu (12/11/2023). Presiden Jokowi dan rombongan dilaporkan lepas landas dari Bandar Udara (Bandara) Internasional King Khalid sekitar pukul 09.40 waktu setempat.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi dalam keterangannya di Riyadh, Sabtu (11/11/2023) mengatakan bahwa KTT Luar Biasa OKI adalah momen penting untuk menunjukkan soliditas negara-negara OKI. Hal ini juga sebagai upaya untuk menguatkan kecaman terhadap Israel yang masih melakukan serangan ke Gaza.

“Dalam pernyataan nasionalnya, bapak Presiden antara lain menyampaikan bahwa OKI harus bersatu dan berada di depan untuk penyelesaian situasi di Gaza,” ujar Menlu Retno dikutip dari laman Setkab, Senin (13/11/2023).

Dia melanjutkan, KTT telah menghasilkan resolusi yang berisi 31 keputusan dengan pesan-pesan yang sangat kuat dan sangat keras. Resolusi tersebut menggambarkan posisi OKI terhadap situasi Gaza yang kini kian memprihatinkan.

OKI mengecam agresi Israel di Gaza dan mendesak Dewan Keamanan PBB agar mengeluarkan resolusi sehingga kekejaman dapat segera diakhiri. OKI juga mendorong agar bantuan dapat masuk kemudian pentingnya mematuhi hukum internasional.